22 Des 2010

Chevron Masih Minati Blok Siak


JAKARTA, KOMPAS.com — PT Chevron Pacific Indonesia menyatakan masih berminat untuk mengelola Blok Siak di Provinsi Riau yang kontraknya akan habis pada tahun 2013.
"Kami masih berminat di Blok Siak karena fungsinya yang sangat strategis," kata Usman Slamet, General Manager Policy Government and Public Affars Chevron, seperti dikutip Antara di Pekanbaru, Selasa (21/12/2010).Ia menjelaskan, kontrak bagi hasil Chevron, dahulu masih bernama Caltex, di Blok Siak diteken tahun 1991 selama 22 tahun dan berakhir pada 2013. Sebelumnya, pengelolaan blok itu menggunakan sistem kontrak karya yang diteken pada September 1963.
Menurut Usman, produksi minyak mentah di Blok Siak memang tak besar dibandingkan dengan blok lain yang dikelola Chevron, seperti di Blok Rokan. Produksi Blok Siak mencapai 2.000 barrel oil per day (BPOD) atau sekitar 300.000 liter minyak per hari.
Meski produksi minyaknya tak besar, lanjutnya, Chevron masih sangat berkepentingan di Blok Siak karena fungsi strategis daerah itu untuk mengintegrasikan eksploitasi minyak di Blok Rokan. "Peralatan penunjang di Blok Siak masih sangat diperlukan karena juga menunjang kegiatan di Blok Rokan. Jadi, perannya berintegrasi dengan blok lainnya," katanya.
Meski begitu, Usman belum bersedia memaparkan apakah Chevron telah mengajukan perpanjangan kontrak kepada Kementerian ESDM. Usman mengatakan, hal tersebut untuk menanggapi pernyataan Kepala Dinas Humas Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (Kepala Dinas Humas BP Migas) Elan Biantoro yang pada Senin (20/12/2010) mengatakan, pemerintah daerah diharapkan mampu mengelola Blok Siak.
Ia mengatakan, pemerintah akan mendorong BUMD untuk mendapat prioritas agar dapat mengelola Blok Siak. "Peluang produksi minyak di Blok Siak masih bagus .... Karena itu, pemerintah daerah harus menangkap potensi ini sejak awal," ujar Elan di Pekanbaru.
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/12/21/16033662/Chevron.Masih.Minati.Blok.Siak

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...