22 Des 2010

Operasi Pasar Terus Dilanjutkan


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan terus melakukan operasi pasar untuk menurunkan harga dan menjaga kualitas beras di beberapa daerah di Indonesia, demikian Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/12/2010).
Dia menyatakan, Badan Urusan Logistik (Bulog) memiliki persediaan sekitar 300 ribu ton untuk meneruskan operasi pasar. Operasi pasar ini sendiri dilakukan di setiap daerah, berdasarkan jenis beras yang paling banyak dikonsumsi masyarakat di daerah.Pemerintah juga akan membagikan beras kepada rakyat miskin untuk penyaluran ke-13 pada Desember 2010. "Jadi ini semua langkah-langkah dalam menstabilkan dan menekan kenaikan harga beras," kata Mari.
Dia menjelaskan operasi pasar di DKI Jakarta berhasil menurunkan harga hingga Rp200-300/Kg dan sudah menggunakan beras premium sampai lima persen. "Jadi kita akan perbaiki terus targetting (penentuan sasaran) operasi pasarnya," katanya.
Sedangkan untuk di daerah lain seperti Yogyakarta, Mari mengaku operasi pasar langsung ke lima pasar belum menurunkan harga dan baru sebatas mencegah kenaikan harga.
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/12/21/16573633/Operasi.Pasar.Terus.Dilanjutkan

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...