25 Des 2010

Banyak Bank Akan Main di UMKM


JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah bank yang berfokus pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM diperkirakan akan bertambah pesat pada tahun depan.

Direktur Utama Bank Syariah Mandiri, Yuslam Fauzi mengatakan, pada awal 2011, persaingan antar bank-bank yang menyasar UMKM tersebut akan cukup menghangat. Sektor UMKM, katanya, memang menarik untuk bank karena pasarnya yang luas dan tingkat resikonya paling mudah ditangani."Akan terasa 2011 pelaku perbankan di UMKM itu rada sumpek.Sektor UMKM adalah market yang besar, sangat luas. 2011 awal-awal merasa persaingan di pasar menghangat," katanya dalam jumpa pers di Hotel Atlet Century, Jakarta, Jumat (24/12/2010).
Namun, lanjut Yuslam, pada 2012 dan tahun-tahun setelahnya, bank-bank yang menyasar sektor UMKM tersebut akan mulai menemukan segmen pasarnya masing-masing sehingga persaingan pasar mencapai titik keseimbangan. "Saya yakin di 2012 dan seterusnya, ketemu equilibrum dimana masing-masing mengerti segmennya dan pasarnya sehingga terbentuk segmen masing-masing," ungkapnya.
Sebagai salah satu bank yang bergerak di sektor UMKM, Mandiri Syariah, kata Yuslam, tidak merasa khawatir dengan pertambahan bank UMKM itu. Yuslam mengatakan, dengan bermunculan banyak bank UMKM, justru semakin membantu para pelaku UMKM di Indonesia. "Kalau pemainnya banyak, pasti akan menurunkan harga, kredit di UMKM akan turun, itu kan yang mendapat berkahnya nanti masyarakat Indonesia," katanya.
Untuk dapat bersaing dengan bank-bank UMKM lainnya, Bank Syariah Mandiri, kata Yuslam, akan terus meningkatkan efisiensi-nya. "Siapa yang paling efisien, yang paling survive. Makanya kita berlomba-lombalah dalam efisiensi," pungkasnya.
Sementara Direktur Bank Syariah Mandiri bidang UMKM, Hanawijaya menambahkan, Bank Syariah Mandiri akan tetap berfokus pada UMKM di tahun depan. Target pembiayaan BSM untuk UMKM minimal mencapai 70 persen. "Kami memandang bukan hanya stabilitas manageble nya saja. Tapi dengan membangun UMKM jadi lebih baik, Allah akan terus bersama BSM," katanya.
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/12/24/15441653/Banyak.Bank.Akan.Main.di.UMKM

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...