22 Des 2010

Rio Tinto Akuisisi Riversdale


SYDNEY, KOMPAS.com — Perusahaan tambang ternama Rio Tinto berencana mengakuisisi perusahaan tambang batu bara Riversdale yang terdaftar di bursa Australia. Rio Tinto membuka penawaran akuisisi lebih dari 3,8 miliar dollar AS.
Rio Tinto telah mengajukan penawaran untuk membeli Riversdale sekitar 16 dollar Australia per saham. Angka itu lebih tinggi dari penawaran terakhir yang datang sebesar 15 dollar Australia per saham senilai 3,75 miliar dollar Australia.Harga itu 13,5 persen lebih premium dari penutupan saham Riversdale pada 3 Desember 2010. Hingga kini pihak Riversdale masih menolak untuk berkomentar.
Rio Tinto memang memiliki pengalaman terhadap batu bara termal, tetapi tidak pada kokas batu bara. "Lewat akuisisi ini, Rio Tinto akan mendorong perusahaan untuk bisa menjadi pemain besar di sektor batu bara kokas," kata Peter Chilton, analis Constellation Capital Management.
Banyak investor berpendapat, kemungkinan Rio Tinto akan mempertimbangkan rencana kerja sama daripada menguasai saham mayoritas tambang Riversdale. Riversdale adalah pemilik proyek batu bara kokas di Mozambik yang memasok 5 persen-10 persen pasar batu bara dunia untuk bahan baku pembuatan baja. (Kontan/Rizki Caturini)
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/12/21/16115493/Rio.Tinto.Akuisisi.Riversdale

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...