22 Des 2010

Bersama Vallar, BUMI Akan Bayar Utang

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah sukses masuk bursa London melalui Vallar Plc, PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mulai membenahi utang-utangnya. Yang terbaru, seperti dikutip Reuters, Selasa (21/12/2010), Direktur Bumi Dileep Srivastava menyatakan bahwa perusahaannya akan segera membayar utang senilai 600 juta dollar AS pada bulan ini. Selanjutnya, pada tahun depan, BUMI akan kembali membayar utang senilai 1 miliar dollar AS.
"Kami, bersama dengan Vallar, berencana untuk membayar lunas utang kami kepada China Investment Corp (CIC) secepatnya. Kami menargetkan bisa bebas utang pada tahun 2013," kata Srivastava kepada Reuters.



Rencana BUMI ini klop dengan pernyataan Nathaniel Rothschild, Co-chairman Vallar Plc, induk BUMI yang akan segera berganti nama menjadi Bumi Plc, saat bertandang ke Jakarta, Senin (13/12/2010). Waktu itu, Nat—panggilan Nathaniel Rothschild—menegaskan bahwa masalah utama BUMI terletak pada bunga utang-utangnya yang tinggi, bukan jumlah utangnya. "Sejatinya, BUMI belum over leveraged, tapi kupon utangnya yang menjadi problem," ujar Nat.
Nah, utang kepada CIC merupakan salah satu utang berbunga tinggi itu. Akhir tahun 2009, CIC mengucurkan utang senilai 1,9 miliar dollar AS kepada BUMI. Bunga utang ini mencapai 12 persen setahun. Karena itu, tidak mengagetkan jika BUMI dan Vallar berniat segera melunasi utang kepada CIC. (Kontan/Cipta Wahyana)

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/12/21/20234564/Bersama.Vallar..BUMI.Akan.Bayar.Utang

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...